RPP-X-1-5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

 

SMA/MA.                               : SMA Negeri 2 Karawang

Mata Pelajaran             : Sejarah

Kelas/Semester                        : X/1

Standar Kompetensi                 : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar                    : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah

Indikator                                  : Menjelaskan pengertian sejarah berdasarkan asal usul

                                                  kata dan pandangan para tokoh

Alokasi Waktu             : 1×45 menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  • Menjelaskan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata
  • Menjelaskan sejarah dalam pandangan para tokoh

 

B.     Materi Pembelajaran

·        Arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata

·        Sejarah dalam pandangan para tokoh tentang

 

C.     Metode Pembelajaran

Pendekatan model ICT dan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan

·        Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menerapkan permainan “Aku Adalah” dengan menunjuk siswa secara acak untuk menyebutkan nama dan asal usul keluarganya. Siswa yang telah ditunjuk kemudian dipersilahkan menunjuk teman lain untuk melakukan hal yang sama.

·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti

·        Guru menjelaskan arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata dengan peta konsep (hal 3 – 4).

·        Penugasan mencari pengertian arti kata sejarah dan pandangan tokoh tentang sejarah dari situs di http://www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com

·        Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai sejarah di buku teks (hal 4 – 7).

·        Peserta didik secara individu membuat pohon silsilah keluarga dan sejarah keluarga dalam bentuk karangan (Aktivitas hal 7).

3.      Kegiatan Penutup

·        Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

·        Menarik kesimpulan materi.

 

E.      Sumber Belajar

·        Kurikulum KTSP dan perangkatnya

·        Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA –    

·        Buku sumber Sejarah SMA –  (hal 1 -26)

·        Peta konsep

·        OHP

·        Buku-buku penunjang yang relevan

·        Internet

 

F.      Penilaian

  • Pembuatan pohon silsilah keluarga dan karangan tentang sejarah keluarga (Aktivitas hal 7).

 

Format Penilaian Silsilah Keluarga

Aspek yang dinilai

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Ketepatan silsilah

 

 

 

 

Keakuratan nama-nama keluarga

 

 

 

 

Pemberian warna

 

 

 

Ketepatan penggunaan garis dan tanda penghubung silsilah

 

 

 

Keterangan silsilah lengkap

 

 

 

Kerapian

 

 

 

Jumlah Nilai

 

 

 

 

Format Penilaian Karangan

Aspek yang dinilai

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Deskripsi

Pengantar

 

 

 

 

Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian

Isi

 

 

 

 

Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/penelitian dengan tepat. Hal-hal yang ditemukan dalam penelitian

Penutup

 

 

 

Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian

Struktur/logika penulisan

 

 

 

Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian

Orisinalitas karangan

 

 

 

Karangan/penelitian merupakan hasil sendiri

Penyajian, bahasan dan bahasa

 

 

 

Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif

Jumlah Nilai

 

 

 

 

Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

80-100

Memuaskan

4

70-79

Baik

3

60-69

Cukup

2

45-59

Kurang cukup

1

 

Mengetahui,                                                                              Karawang, 17 Juli 2007

Kepala SMA Negeri 2 Karawang                                             Guru Mata Pelajaran Sejarah

 

Dra. Hj. Yayah Mardiah,MM                                                    Ateng Rasihudin,S.Pd.

NIP: 130918770                                                                       NIP: 131903088

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

 

SMA/MA.                               : SMA Negeri 2 Karawang

Mata Pelajaran             : Sejarah

Kelas/Semester                        : X/1

Standar Kompetensi                 : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar                    : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah

Indikator                                  :  Menjelaskan sejarah sebagai peristiwa,kisah,

ilmu, dan seni

Alokasi Waktu             : 1×45 menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  • Medeskripsikan pengertian sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni
  • Menjelaskan suatu kejadian termasuk ke dalam sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni
  • Membedakan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni

 

B.     Materi Pembelajaran

Sejarah sebagai

·        Peristiwa

·        Kisah

·        Ilmu

·        Seni

 

C.     Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi jigsaw

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan

·        Apersepsi guru menanyakan pengalaman pribadi peserta didik yang berkesan. Guru menyebutkan karya-karya Pramoedya Ananta Toer dan menanyakan kepada siswa karya tersebut termasuk sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, atau seni.

·        Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti

·        Guru membagi siswa dalam empat kelompok dan materi dibagi dalam empat bagian, yaitu sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni. Setiap kelompok menganalisa satu sub bab yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu tujuh menit untuk presentasi dan tanya jawab (Aktivitas hal 14).

·        Peserta didik membuat kesimpulan kelompok.

3.      Kegiatan Penutup

·        Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

·        Menarik kesimpulan materi.

 

E.      Sumber Belajar

  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA –    
  • Buku sumber Sejarah SMA –  (hal 8 – 14)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

 

F.      Penilaian

  • Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw. Guru membagi siswa dalam empat kelompok. Tiap kelompok mencari tulisan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni. Setiap kelompok menganalisa mengapa dapat digolongkan demikian dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu tujuh menit untuk presentasi dan tanya jawab. (Aktivitas hal 14).

 

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal     : …………………………………………………….

Topik diskusi/debat      : ……………………………………………………..

No

Sikap/Aspek yang dinilai

Nama Kelompok/ Nama peserta didik

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

80-100

Memuaskan

4

70-79

Baik

3

60-69

Cukup

2

45-59

Kurang cukup

1

 

 

Penilaian kelompok

1.

Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik

 

 

 

2

Kerjasama kelompok

 

 

 

3

Hasil tugas

 

 

 

Jumlah Nilai Kelompok

 

 

Penilaian Individu Peserta didik

1.

Berani mengemukakan pendapat

 

 

 

2.

Berani menjawab pertanyaan

 

 

 

3.

Inisiatif

 

 

 

4.

Ketelitian

 

 

 

Jumlah Nilai Individu

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                              Karawang, 17 Juli 2008

Kepala SMA Negeri 2 Karawang                                             Guru Mata Pelajaran Sejarah

 

 

 

 

Dra. Hj. Yayah Mardiah,MM                                                    Ateng Rasihudin,S.Pd.

NIP: 130918770                                                                       NIP: 131903088

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

 

SMA/MA.                               : SMA Negeri 2 Karawang

Mata Pelajaran             : Sejarah

Kelas/Semester                        : X/1

Standar Kompetensi                 : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar                    : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah

Indikator                                  :  Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi,

                                                   dan kronologi

Alokasi Waktu             : 1×45 menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  • Menjelaskan pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi
  • Menjelaskan suatu kejadian termasuk ke dalam generalisasi, periodisasi, dan kronologi sejarah
  • Memberikan contoh tentang generalisasi, periodisasi, dan kronologi

 

B.     Materi Pembelajaran

  • Pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi

 

C.     Metode Pembelajaran

Ceramah, pemberian tugas penyusunan kronologi dan peta konsep, tanya jawab

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan

·        Apersepsi guru menayangkan gambar pertumbuhan manusia dari bayi sampai dewasa disertai dengan peristiwa yang dialami manusia tersebut dan menanyakan kepada siswa maksud dari gambar tersebut.

·        Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti

·        Guru menjelaskan materi generalisasi, periodisasi, dan kronologi (hal 14 – 18).

·        Guru memperlihatkan contoh kronologi dari peristiwa-peristiwa bersejarah di Indonesia (skema hal 17).

·        Peserta didik menyusun periodisasi hidup sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu pada selembar kertas (Aktivitas hal 18).

·        Tanya jawab tentang generalisasi, periodisasi, dan kronologi.

3.      Kegiatan Penutup

·        Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

·        Menarik kesimpulan materi.

 

E.      Sumber Belajar

  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA –    
  • Buku sumber Sejarah SMA –  (hal 14 – 18)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

 

F.      Penilaian

·        Portofolio dengan menyusun periodisasi hidup

Penilaian peta konsep

 

Format Penilaian Penyusunan Periodisasi Hidup

 

Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

80-100

Memuaskan

4

70-79

Baik

3

60-69

Cukup

2

45-59

Kurang cukup

1

 

 

 

Nama Peserta Didik

Aspek yang dinilai

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

 

Struktur/logika dan keakuratan penulisan periodisasi hidup

 

 

 

 

Orisinalitas periodisasi hidup

 

 

 

 

Kreativitas bentuk 

 

 

 

 

Penggunaan warna

 

 

 

 

Jumlah Nilai

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                              Karawang, 17 Juli 2008

Kepala SMA Negeri 2 Karawang                                             Guru Mata Pelajaran Sejarah

 

 

 

 

Dra. Hj. Yayah Mardiah,MM                                                    Ateng Rasihudin,S.Pd.

NIP: 130918770                                                                       NIP: 131903088

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4

 

SMA/MA.                               : SMA Negeri 2 Karawang

Mata Pelajaran             : Sejarah

Kelas/Semester                        : X/1

Standar Kompetensi                 : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar                    : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah

Indikator                                  : – Menjelaskan kegunaan sejarah secara intrinsik

                                                  – Menjelaskan kegunaan sejarah secara ekstrinsik

Alokasi Waktu             : 1×45 menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  • Menjelaskan kegunaan sejarah secara intrinsik
  • Menjelaskan kegunaan sejarah secara ekstrinsik

 

B.     Materi Pembelajaran

  • Kegunaan sejarah secara intrinsik
  • Kegunaan sejarah secara ekstrinsik

 

C.     Metode Pembelajaran

Pendekatan model ICT dan life skill

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1.      Kegiatan Pendahuluan

·        Apersepsi guru menanyakan peserta didik mengenai pengertian kegunaan kemudian dikaitkan dengan kegunaan sejarah

·        Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti

·        Guru menjelaskan materi (hal 19 – 23)

3.      Kegiatan Penutup

·        Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas

·        Menarik kesimpulan materi

·        Evaluasi dengan mengerjakan soal pilihan ganda (hal 24 – 26 no. 1 – 20) dan soal uraian (hal 26 no. 1 – 10)

·        Siswa membuat karangan analisis mengenai tuntutan mengkaji dan menulis kembali sejarah Indonesia (Analitika hal 23). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

 

E.      Sumber Belajar

  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA –    
  • Buku sumber Sejarah SMA –  (hal 19 – 26)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.      Penilaian

Penilaian Tes tertulis      : – Pilihan ganda hal 24 – 26 (skor 2 s/d 40)

                                      – Uraian hal 26 (skor setiap soal benar 6 tetapi bila mendekati 3)

 

Kunci Jawaban

A.


1.      a   

2.      a

3.      a

4.      e

5.      c

6.      b

7.      c

8.      a

9.      a

10.  c

11.  c

12.  d

13.  e

14.  a

15.  e

16.  d

17.  b

18.  a

19.  d

20.  a


 

B.

1.      Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu syajaratun yang berarti pohon. Kata pohon biasanya bermakna pada hubungan keturunan atau asal usul keluarga atau silsilah dinasti. Apabila kita melihat gambaran silsilah raja atau dinasti gambaran itu akan seperti pohon terbalik.

2.      Sejarah menurut Kontowijoyo adalah menyuguhkan fakta secara diakronis, idiografis, unik, dan empiris.

3.      Colingwood berpendapat bahwa sejarah merupakan ilmu atau suatu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang masalah tindakan manusia pada masa lalu. Jawaban diperoleh dari interpretasi bukti sejarah dan dari self knowledge manusia.

4.      Sejarah sebagai peristiwa, tidak semua peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah, sebuah peristiwa dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah jika peristiwa tersebut dapat dikaitkan dengan peristiwa lain dan menjadi bagian dari sebuah proses dalam dinamika historis. Sejarah sebagai kisah, merupakan narasi yang disusun berdasarkan memori, kesan, atau tafsiran manusia terhadap kejadian yang terjadi di masa lalu, ada pengaruh faktor kepentingan dari siapa yang menuturkan kisah itu sehingga sejarah sebagai kisah lebih bersifat subjektif. Sejarah sebagai ilmu, sejarah dianggap sebagai ilmu karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. Sejarah sebagai seni, karena dalam penulisan sejarah diperlukan intuisi, emosi, dan gaya bahasa dalam menyampaikan fakta sejarah.

5.      Contoh sejarah sebagai kisah adalah otobiografi seorang tokoh dan contoh sejarah sebagai peristiwa adalah pemberontakan PKI pada tahun 1965.

6.      Leopold von Ranke.

7.      Generalisasi adalah penyimpulan dari khusus ke umum. Periodisasi adalah pengklasifikasian peristiwa sejarah dalam tahapan atau pembabakan tertentu. Kronologi adalah urutan peristiwa yang disusun berdasarkan waktu terjadinya.

8.      Agar seseorang yang mempelajari sejarah tidak lagi berpikir monokausal, yaitu sebuah pikiran yang menyatakan bahwa suatu peristiwa terjadi karena satu alasan. Tapi setelah mempelajari sejarah seseorang dapat berpikir secara plurikausal, yaitu berpikiran bahwa setiap kejadian terjadi karena banyak alasan.

9.      Fungsi simplikasi dalam sejarah, antara lain untuk penyederhanaan bagi peneliti dalam melakukan analisis. Fungsi saintifikasi adalah agar sejarah juga melakukan penyimpulan umum, generalisasi sejarah digunakan untuk mengecek teori yang lebih luas.

10.  Kegunaan sejarah dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertama, secara intrinsik dengan menerapkanya sebagai sebuah ilmu, menyatakan pendapat, dan profesi. Kedua, sejarah digunakan secara ekstrinsik dengan menjadikan sejarah sebagai pendidikan moral, politik, penalaran, dan lain-lain.

 

Penilaian Portofolio

Buatlah karangan analisis mengenai tuntutan mengkaji dan menulis kembali sejarah Indonesia!

 

Format Penilaian Portofolio

Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Deskripsi

Pengantar

 

 

 

 

Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.

Isi

 

 

 

 

Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.

Penutup

 

 

 

Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian

Struktur/logika penulisan

 

 

 

Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian

Orisinalitas karangan

 

 

 

Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri

Penyajian, bahasan dan bahasa

 

 

 

Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif

Jumlah

 

 

 

 

 

Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

80-100

Memuaskan

4

70-79

Baik

3

60-69

Cukup

2

45-59

Kurang cukup

1

 

Mengetahui,                                                                              Karawang, 17 Juli 2008

Kepala SMA Negeri 2 Karawang                                             Guru Mata Pelajaran Sejarah

 

 

Dra. Hj. Yayah Mardiah,MM                                                    Ateng Rasihudin,S.Pd.

NIP: 130918770                                                                       NIP: 131903088

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5

 

SMA/MA.                               : SMA Negeri 2 Karawang

Mata Pelajaran             : Sejarah

Kelas/Semester                        : X/1

Standar Kompetensi                 : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar                    : 1.2. Menjelaskan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat

                                                         Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara

Indikator                                  : – Menjelaskan cara masyarakat masa prasejarah

                                                    mewariskan masa lalunya

   Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah

Alokasi Waktu             : 1×45 menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  • Menjelaskan cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
  • Menyebutkan ciri-ciri tradisi lisan
  • Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah pada sistem kepercayaan, mata pencaharian, kemasyarakatan, budaya dan seni, dan pengetahuan

 

B.     Materi Pembelajaran

  • Cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
  • Tradisi lisan
  • Tradisi masyarakat masa prasejarah pada sistem kepercayaan, mata pencaharian, kemasyarakatan, budaya dan seni, dan pengetahuan

 

C.     Metode Pembelajaran

Pendekatan model ICT dan life skill

 

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1.      Kegiatan Pendahuluan

·        Apersepsi guru menanyakan pada peserta didik mengenai pengertian masa prasejarah.

·        Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti

·        Guru menjelaskan materi dengan transparansi peta konsep mengenai cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya (hal 28).

·        Guru menerangkan dengan singkat mengenai unsur-unsur tradisi dan sistem kebudayaan manusia (hal 32).

·        Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan unjuk kerja diskusi secara kelompok mengenai tradisi masyarakat masa prasejarah (Aktivitas hal 36).

·        Peserta didik ditugaskan membuat uraian analisis mengenai tradisi bercerita di daerahnya. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya (Aktivitas hal 32).

 

3.      Kegiatan Penutup

·        Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

·        Menarik kesimpulan materi.

 

E.      Sumber Belajar

  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA –    
  • Buku sumber Sejarah SMA –    
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

 

F.      Penilaian

·        Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai tradisi masyarakat masa prasejarah (Aktivitas hal 36).

·        Portofolio dalam bentuk uraian analisis mengenai tradisi bercerita di daerahnya.

 

 

 

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal     : …………………………………………………….

Topik diskusi/debat      : ……………………………………………………..

No

Sikap/Aspek yang dinilai

Nama Kelompok/ Nama peserta didik

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Penilaian kelompok

1.

Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik

 

 

 

2

Kerjasama kelompok

 

 

 

3

Hasil tugas

 

 

 

Jumlah Nilai Kelompok

 

 

Penilaian Individu Peserta didik

1.

Berani mengemukakan pendapat

 

 

 

2.

Berani menjawab pertanyaan

 

 

 

3.

Inisiatif

 

 

 

4.

Ketelitian

 

 

 

Jumlah Nilai Individu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Format Penilaian Portofolio

Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

Deskripsi

Pengantar

 

 

 

 

Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.

Isi

 

 

 

 

Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.

Penutup

 

 

 

Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian

Struktur/logika penulisan

 

 

 

Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian

Orisinalitas karangan

 

 

 

Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri

Penyajian, bahasan dan bahasa

 

 

 

Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif

Jumlah

 

 

 

 

                                                                     

Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator

Nilai Kualitatif

Nilai Kuantitatif

80-100

Memuaskan

4

70-79

Baik

3

60-69

Cukup

2

45-59

Kurang cukup

1

 

 

Mengetahui,                                                                              Karawang, 17 Juli 2008

Kepala SMA Negeri 2 Karawang                                             Guru Mata Pelajaran Sejarah

 

 

 

Dra. Hj. Yayah Mardiah,MM                                                    Ateng Rasihudin,S.Pd.

NIP: 130918770                                                                       NIP: 131903088

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: